Selasa, 28 Februari 2017

Kimia dalam Teknik dan Teknologi



Kimia dalam Teknik dan Teknologi
Untuk menambah pemahaman mengenai kimia alangkah lebih baik jika kita juga memahami tentang teknik dan teknologi. Ada 2 ilmu dasar teknik yaitu kimia dan fisika. Lalu bagaimana dengan matematika? Matematika merupakan Bahasa dalam mengungkapkan Ilmu dasar tadi supaya dapat diterima oleh manusia, bukan sekedar ucapan lisan saja. Mengapa perlu dibahasakan?. Jawabanya, karena ilmu dasar tidak bisa langsung digunakan untuk kesejahteraan tetapi perlu teknologi. Artinya teknologi sebagai rekayasa agar bisa dimanfaatkan masyarakat. Ilmu dasar fisika dan kimia merupakan derivate/ turunan dari ilmu sebelumnya, sehingga bisa melahirkan teknologi.
Dimana posisi kimia dalam dunia teknik?
Contoh sederhana untuk menjawab pertanyaan di atas adalah bagaimana bensin bisa menyalakan motor. Apa hanya dengan menyiram bensin ke motor kemudian motor bisa bergerak? Tentu saja tidak. Akan ada proses di mana bahan bakar (contohnya: bensin) di konversi menjadi panas, kemudian panas dikonversi menjadi tenaga. Peran kimia dalam bidang teknik ini adalah mengkonversi bahan bakar menjadi panas, sedangkan fisika mengkonversi panas menjadi tenaga atau sebaliknya. Jadi kimia dalam dunia teknik berperan sebagai pengkonversi bahan bakar menjadi panas.
Apakah teknik dengan teknologi sama? Jawabannya beda. Teknik merupakan cara. Teknik sebagian dari teknologi. Teknologi sifatnya kompleks dan bersifat makro, sedangkan teknik sifatnya sempit/sederhana dan bersifat mikro. Contoh dari teknik adalah macul, nandur, dll. Contoh dari teknologi adalah pengolahan lahan.
Teknologi itu dari tidak ada menjadi ada? Ya benar. Tetapi teknologi hampir seperti budaya, kadang di atas kadang di bawah. Contohnya teknologi megalithikum. Jika diamati bagaimana potongan batu besar yang ada dizaman megalithikum terlihat presisi potongannya. Kenapa bisa presisi seperti itu? Ini jelas bukan hanya alat sederhana yang digunakan. Ini memunculkan pertanyaan apakah teknologi zaman sekarang dengan zaman dahulu lebih canggih zaman sekarang? Jawabannya belum tentu, bisa saja teknologi zaman dahulu lebih canggih dari zaman sekarang.

Buktinya batu yang besarnya melebihi ukuran manusia bisa dipotong dengan ukuran yang presisi dan rapi, kemudian bisa berdiri tegak. Ini perlu di dalami lagi. Pada gambar diatas terdapat bangunan yang memerlukan bukan hanya teknik, tetapi alat yang canggih sehingga dapat membuat bangunan seperti itu. Teknik dan alat yang berkumpul menjadi kompleks disebut sebagai teknologi. Ini memungkinkan bahwa zaman dahulu lebih maju dibandingkan zaman sekarang. Coba perhatikan gambar di bawah ini.


Pada gambar ada 2 objek salah satunya adalah sebuah piringan yang berbentuk motif unik. Pengerjaan barang seperti ini tentu butuh alat yang sangat canggih misalnya CNC, kalau tidak menggunakan alat yang canggih tidak bisa rasional. Banyak hal-hal yang perlu diselidiki untuk menjawab pertanyaan itu, oleh karena itu diperlukan pengetahuan untuk menjawabnya. Mari pelajari lagi ilmu pengetahuan untuk menambah wawasan tentang dunia ciptaan sang kuasa, salah satunya ilmu kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar