Minggu, 12 Februari 2017

Pengertian atom


Pengertian atom


Atom tidak dapat terlihat tapi nyata sebagai konsep dan merupakan konsep yang tinggi manfaatnya sebagai dasar ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
Mengapa struktur atom dipelajari?
  1. Penyusunan bagian-bagian atom akan menentukan sifat materi
  2. Mengetahui bagaimana atom bergabung, & bagaimana mengubah bahan sesuai dengan yang dibutuhkan
  1. Berguna untuk kesehatan
  2. dll
Atom merupakan bagian terkecil dari suatu unsur atau senyawa yang tidak dapat dirusak atau dibagi lagi menggunakan reaksi kimia. Unsur merupakan zat yang tidak dapat dipecah lebih sederhana lagi. Senyawa merupakan 2 atau lebih unsur yg bergabung membentuk zat yg kompleks. Bahan adalah campuran atom-atom berbagai unsur dengan proporsi yang berbeda. Bahan satu diubah menjadi bahan yg lain dengan mengubah   proporsinya.
Istilah atom berasal dari Bahasa Yunani (átomos) yang berarti tidak dapat dipotong ataupun sesuatu yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Konsep atom sebagai komponen yang tidak dapat dibagi-bagi lagi pertama kali diajukan oleh para filsuf India dan Yunani. Pada abad ke-17 dan ke-18, para kimiawan meletakkan dasar-dasar pemikiran ini dengan menunjukkan bahwa zat-zat tertentu tidak dapat dibagi-bagi lebih jauh lagi menggunakan metode-metode kimia. Selama akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, para fisikawan berhasil menemukan struktur dan komponen-komponen subatom di dalam atom, membuktikan bahwa ‘atom’ tidaklah tak dapat dibagi-bagi lagi. Prinsip-prinsip mekanika kuantum yang digunakan para fisikawan kemudian berhasil memodelkan atom. Atom setiap unsur berbeda bentuk & ukurannya.
Atom terdiri dari inti atom dan kulit atom. Pada inti atom terdapat proton dan neutron, sedangkan kulit atom terdiri dari elektron yang mengitari inti atom. Proton, Neutron, dan Elektron adalah partikel penyusun atom.
-Proton adalah bagian dari atom yang bermuatan positive dan jumlah dari proton dapat menentukan jenis dari atom.
-Neutron adalah bagian dari atom yang bermuatan  netral dan berukuran sama dengan proton.
-Elektron adalah bagian dari atom yang bermuatan negative dan berukuran sangat kecil yaitu 1/1837.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar